Header Ads

Pengamanan KTT Asean ke-43 oleh TNI-Polri Lancar dan Terkendali

Pengamanan KTT Asean ke-43 oleh TNI-Polri Lancar dan Terkendali

Jakarta – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyatakan bahwa pengamanan KTT ASEAN ke-43 berjalan lancar dan terkendali.

Hal ini disampaikan oleh Panglima TNI dan Kapolri usai meninjau Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) TNI di Jakarta Pusat, Kamis (7/9/2023).
“Alhamdulillah sampai saat ini, mulai siang sampai siang ini kita dapat mengendalikan semua kegiatan pengamanan, untuk hal PAM di KTT ke-43 ASEAN ini dengan lancar,” kata Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.


Yudo mengatakan pengamanan udara, laut dan darat dikendalikan dengan baik. Pengamanan dilakukan mulai dari rangkaian kegiatan awal hingga delegasi kembali ke negara masing-masing.
Selain itu, Menurut Jenderal Polisi Listyo Sigit menyatakan bahwa pengamanan KTT ASEAN ke-43 di Jakarta memiliki tantangan tersendiri, terutama terkait dengan kemacetan yang menjadi masalah rutin di ibu kota. Untuk mengatasi hal ini, dilakukan rekayasa lalu lintas dan penutupan sementara beberapa ruas jalan, termasuk saat malam gala dinner.

“Baru saja kita melaksanakan pemantauan langsung dari Puskodalsis Mabes TNI, sebelumnya kita melaksanakan kegiatan pemantauan langsung dari command centre yang ada di Polri untuk memastikan bahwa pemantauan kemudian kerja sama di lapangan pengendalian kendali operasi terkait dengan pembagian ring yang ada, di mana ada ring 1 yang berada di dalam lokasi, ring 2, dan kami khususnya yang bertanggung jawab di ring 3 betul-betul bisa bekerja sama dengan baik,” ujar Sigit.
Pengamanan juga berjalan lancar saat acara jamuan makan malam kemarin (red:rabu/06/09). Gala dinner KTT ASEAN itu memang mendapat perhatian dari banyak pihak. kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan yang tentunya menjadi perhatian pada saat gala dinner semuanya berjalan dengan aman.
“Alhamdulillah kegiatan tadi malam pun yang merupakan salah satu kegiatan yang tentunya menjadi perhatian pada saat gala dinner semuanya berjalan dengan aman,” ujar Sigit.
Di sisi lain, pengamanan itu berjalan dengan lancar. Sebab, dukungan masyarakat sangat dirasakan, koordinasi lintas instansi sangat solid, dan sejumlah teknologi dikerahkan dengan pemantauan yang terhubung.


“Hari ini masih ada sisa kegiatan dan kepulangan 18 delegasi, besok 11 delegasi, dan ada beberapa tambahan keamanan akan tetap kita kawal, sehingga pengamanan berjalan baik hingga ditutup Bapak Presiden dan seluruh delegasi bisa kembali ke negara masing-masing,” tutup Sigit.
“Sehingga kemudian itu menjadi satu rangkaian kegiatan pengamanan yang tentunya menjadi tanggung jawab kita kerja sama,” sambung dia.
Panglima TNI dan Kapolri memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pengamanan KTT ASEAN ke-43. Mereka menyatakan bahwa pengamanan ini berjalan dengan lancar dan aman berkat kerja keras dan koordinasi yang baik dari berbagai pihak.

 

The post Pengamanan KTT Asean ke-43 oleh TNI-Polri Lancar dan Terkendali appeared first on Halo Dunia.


https://ift.tt/VRL5kPF
from Halo Dunia https://ift.tt/M3BY5v8
via IFTTT

No comments

Powered by Blogger.